Minggu, 30 September 2012

Pengertian Organisasi


Pengertian Organisasi
Pengertian Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.  Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti pengembilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagi anggota-anggotanyasehingga menekan angka pengangguran.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepda organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinterksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.
Referensi :

Organisasi yang penah saya ikuti diantaranya adalah..
Saya pernah mengikuti karang taruna di desa tempat tinggal saya. Anggota karang tarunanya hampir seluruh pemuda (pria-wanita) yang tinggal di desa tsb. Alasan saya mengikuti organisasi tersebut pertama adalah ajakan dari teman saya, namun ajakan tersebut tidak saya hiraukan tetapi lama kelamaan saya tertarik untuk mengikuti organisasi karang taruna tersebut. Dengan mengikuti organisasi tersebut teman yang saya miliki semakin banyak karena dengan keberadaan teman saya bisa sharing dan berbagi informasi mengenai suatu hal bahkan saya bisa belajar dari mereka tentang pelajaran sekolah yang sekiranya saya belum faham benar. Manfaat dari organisasi bagi saya adalah bagaimana mereka semua mengajarkan serta melatih saya menjadi manusia yang kreatif, terampil, dan mempunyai motivasi-motivasi untuk melangkah dalam mengarungi jalan hidup ini. Namun sekarang organisasi karang taruna itu saya tinggalkan karena saya harus melanjutkan study kuliah di sini di Universitas Gunadarma kalimalang sedangkan saya sebelumnya bertempat tinggal di  Sidoarjo…sedihh jadinyaa L

Berikutnya adalah organisasi Jamiyah Diba’iyah yaitu sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang keislaman berupa sholawat dan pengajian. Namun yang saya ikuti hanya sholawatan saja. Anggotanya adalah para remaja wanita. Alasan saya mengikutinya karena saya ingin belajar bersholawatan dengan diiringi music banjari atau bisa juga marawis serta saya juga mendapat pelajaran bagaimana cara menjadi MC (pembawa acara). 
Referensi : http://arraghma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar