Teori Organisasi Umum 1 - Proses Organisasi
Proses Organisasi
Proses dalam kamus bahasa Indonesia berarti rangkaian suatu tindakan.
Sedangkan proses dalam buku organisasi karamgan Gibso Invancevich
Donnelly adalah berkenaan dengan aktifitas yang memberi kehidupan pada
skema organisasi tersebut. Proses organisasi merupakan jiwa bagi
struktur organisasi. Jika proses tersebut tidak berjalan dan berfungsi
dengan baik,maka masalah tidak pernah yang tidak perah diharapkan akan
timbul dalam sebuah organisasi.
Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin tidak datang secara tiba-tiba, tetapi
melalui suatu proses. Pengambilan keputusan yang akan diwujudkan menjadi
kegiatan kelompok merupakan hak dan kewajiban pucuk pimpinan berupa
wewenang dan wewenang itu dapat dilimpahkan. Pengambilan keputusan oleh
seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu
merupakan proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam
kegiatan oprasioal pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan itu
berlangsung dengan tahapan sebagai berikut:
a. Menghimpun data melalui pencatatan bahkan mungkin berupa kegiatan penelitian
b. Melalui analisis data
c. Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
d. Mengoprasionalakan keputusan menjadi kegiatan
e. Selama berlangsungnya kegiatan sebagai pelaksana keputusan akan diperoleh data oprasional yang baru
Tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Tetapkan masalah
b. Identifikasi criteria keputusan
c. Alokasikan bobot pada criteria
d. Kembangkan alternaif
e. Evaluasi alternative
f. Memilih alternative terbai
Sumber:
http://guruhilhamdirachman.blogspot.com/2011/04/proses-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar